Jumat, 11 November 2011

Pariwisata Pantai Anyer


Banten mungkin lebih terkenal karena terdapatnya kesultanan banten di serang, ketika belum resmi menjadi sebuah provinsi. Namun lebih dari itu Banten memiliki beragam sumber daya alam yang potensial. Salah satunya obyek wisata Pantai Anyer yang sangat potensial untuk dikembangkan menjadi obyek wisata unggulan provinsi banten, bahkan dapat menjadi daerah tujuan wisata bagi wisatawan asing. Pantai Anyer ini tidak hanya memberikan suasana pantai yang indah namun juga memberikan nuanasa sejarah Indonesia di masa Belanda VOC yang mengandalkan sector perdagangan melalui laut.
Anyer adalah pantai di sebelah barat Provinsi Banten yang pernah musnah dihantam tsunami saat Gunung Krakatau meletus tahun 1883, Peristiwa luar biasa ini memusnahkan Kota Anyer yang berpenduduk di atas 50.000, disusul dengan wabah malaria yang hebat. Kehancuran kota ini akibat gelombang tsunami yang dahsyat. Petugas Mercusuar di Ujungkulon di zaman itu mencatat, gelombang air mencapai ratusan meter di atas permukaan laut.
Wisata di Anyer dan sekitarnya bukan hanya pantai. Mercusuar Anyer diyakini sebagai titik nol jalan Anyer (Banten)-Panarukan (Jawa Timur) yang dibangun Gubernur Jenderal Daendles. Pembangunan jalan ini menelan korban ribuan pekerja paksa. Sayangnya, tak ada monumen atau prasasti untuk mengenang sejarah yang penuh darah itu., kini menjadi daerah wisata pantai nan elok. Pantainya yang landai dengan pasir putih menghampar bak permadani adalah pemandangan yang pantas dinikmati di saat matahari terbit atau terbenam.Tidak heran, pesona alam di Selat Sunda ini menarik pemilik uang untuk mendirikan tempat-tempat penginapan dengan sebutan hotel, cottage, resort, rumah makan dan sebagainya yang bertebaran sepanjang pantai itu. Sebut saja hotel berbintang mulai dari Sol Elite Marbella, Mambruk, Lippo, Patra Jasa, Sang Hyang dan sederet nama lainnya, Sedangkan cottage-cottage pun bertumbuhan bak jamur di musim hujan. Bahkan pemilik uang membeli tanah-tanah terbuka di pinggir pantai, kemudian dikelola menjadi tempat wisata milik pribadi yang memungut uang bagi pengunjungnya.

Ada nama Objek Wisata Marina, Pasauran Indah, Cinangka Beach, Carita Beach dan sebagainya. Fasilitas yang disediakan pengelola objek wisata itu sederhana, di antaranya MCK (mandi, cuci, kakus), bangunan-bangunan dari kayu untuk lesehan dan warung-warung. Biasanya, pengelola juga menyediakan perahu atau alat-alat untuk berenang.
Adapun daya tarik yang dimiliki oleh pantai anyer :
1. Anak Gunung Krakatau
Daya tarik dua anak gunung yang letaknya di tengah laut selat sunda yang dinyatakan aktif, selain kepulan asap akibat aktivitas gunung juga munculnya kehidupan baru di badan gunung. Apalagi bila kita telaah dahsyatnya letusan 1883 tentu itu akan memberikan kesan yang tak terlupakan bagi wisatawan. Sumber data www.banten.go.id
2. Pantai Karang Bolog
Sebuah lubang dari karang besar yang diduga akibat letusan gunung krakatau pada tahun 1883 yang menyimpan keindahan tak ternilai. Karang Bolong semula bernama Karang Suraga. Konon, ratusan tahun yang lalu di pantai itu hidup seorang sakti bernama Suryadilaga yang bertapa hingga akhir hayatnya. Meskipun jasadnya sudah mati, tetapi secara gaib orang sakti itu masih hidup dan bermukim di sana. Sumber data www.banten.go.id.
3. Mercusuar Bojong
Bangunan setinggi 75.5 M dengan 18 lantai ini dibangun pada tahun 1885, sebagai ganti dari mercusuar sebelumnya yang rusak akibat gelombang tsunami ketika Gunung Krakatau meletus dua tahun sebelumnya. Konon bangunan mercusuar lama terlempar lima ratus meter akibat glombang laut. Mercusuar pengganti itu terbuat dari baja setebal 2,5 cm, dan ketika dibawa dari Belanda ke Indonesia dalam bentuk potongan baja untuk setiap lantai, dan kemudian disusun kembali beberapa meter dibelakang fondasi mercusuar yang lama. Pada lantai 11 dan 12 Mercusuar ini terdapat lobang setebal 2 M. Sumber data. Sumbre data www.banten.go.id
4. Pantai Pasir Putih dan Olahraga Air
Pantai yang memiliki pasir putih dan pemandangan pantai yang indah dan bersih, di pantai tersedia bermacam olah raga air seperti banana boat, selancar, jetski atau menaiki perahu tradisional untuk menikmati terombangambing oleh alunan air laut. Di pantai Anyer juga para pengunjung dapat menikmati berbagai sarana Olahraga Air dengan harga yang relative murah.


Penulis : Chandra Laksana

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India